Podo Sinau Bareng

Bekerja dengan Boolean pada 3DMax

B O O L E A N
Objek non parametris (bentuknya sudah kompleks) yang dihasilkan melalui suatu operasi antara dua objek yang saling berinteraksi antara yang satu dengan lainnya. Boolean adalah suatu jenis operasi antara dua objek yang saling berhubungan, untuk tujuan menggabungkan, mengurangi, memotong bahkan mengambil bagian objek yang saling berinteraksi, antara objek A dan objek B. lebih jelas KLIK ANTELU

Cara menggunakan operasi Boolean
1. Buatlah dua buah objek pada viewport, lalu posisikan supaya kedua objek terse- but saling berhubungan. 2. Buka panel Boolean, caranya : pada kolom Standard Primitives ganti dengan Compound Object, lalu pilih Boolean. 3. Aktifkan salah satu objek pada viewport (box), objek yang aktif ini kita sebut se- bagai Operand A, lalu kita klik tombol Pick Operand B pada parameter boolean. 4. Pada layar viewport, selanjutnya di klik objek yang tidak aktif, maka proses operasi boolean telah dilaksanakan.
Jenis-jenis Operasi Boolean1. Union
Pilihan jenis operasi ini akan menggabungkan kedua objek tersebut menjadi satu kesatuan objek secara utuh. 
2. Intersection
Menghasilkan objek yang diambil dari bagian kedua objek yang saling berinter-aksi.
3. Substraction A - B
Substraction A-B merupakan proses pengurangan antara objek yang aktif dengan objek non aktif, begitu pula untuk Substraction B-A yang berlaku sebaliknya. 
4. Substraction B - A
Substraction B-A merupakan proses pengurangan antara objek non aktif dengan objek aktif, begitu pula untuk Substraction A-B yang berlaku sebaliknya. 
5. Cut
Jenis operasi ini merupakan proses pemotongan pada permukaan objek yang saling  berinteraksi antara objek yang aktif dengan objek non aktif. Operasi cut dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu : - Rene : permukaan objek yang dipotong masih menyatu dengan objek asal. - Split : permukaan objek yang dipotong sudah terpisah dengan objek asal. - Remove inside : permukaan objek yang dipotong dihilangkan. - Remove outside : hanya menghasilkan permukaan objek yang dipotong. 
sumber :http://antelu.blogspot.co.id/2015/10/interaksi-antara-dua-object-3d-max.html


Tag : Dimensi
0 Komentar untuk "Bekerja dengan Boolean pada 3DMax"

Most Trending

Back To Top