Podo Sinau Bareng

Tampilan Layar Kerja VIEWPORT Program 3D Studio Max bagian 1

Saat kita membuka program 3D Studio Max, maka tampilan layar kerja program ini,
adalah terlihat seperti berikut:

UNTUK MATERI YANG LENGKAP BISA DI DOWNLOAD DI BAWAH

Tampilan layar kerja seperti tampak pada gambar diatas dinamakan dengan viewport. Jadi Viewport adalah ruang kerja/layar kerja, tempat dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi.
Viewport dimana kita dapat melihat perintah dijalankan disebut sebagai viewport aktif, tandanya viewport tersebut aktif adalah dikelilingi oleh garis batas berwarna kuning. Untuk mengaktifkan salah satu viewport menjadi aktif cukup dengan cara meng-klik mouse tombol kiri pada viewport yang diinginkan.
viewport

Mengatur Sudut Pandang Pada Viewport
Pada layar kerja program 3D Studio Max, setiap viewportnya memiliki sudut pandang
tertentu, hal tersebut bisa kita lihat pada bagian sudut kiri atas setiap viewport.
Suatu objek 3D dalam pandangan ortografis dapat dilakukan dengan 6 sudut pandang, yaitu melihat objek melalui sudut pandang dari tampak depan, belakang, kiri, kanan, atas dan bawah. Pandangan ortografis terletak pada sumbu X, Y, atau Z dalam sistem koordinat dunia (world coordinate system) dimana garis sudut pandang kita hanya sejajar dengan salah satu sumbu X, atau Y, atau Z (setara dengan sudut pandang dua dimensi).
Selanjutnya untuk mengganti sudut pandang pada suatu viewport, cukup dengan cara mengarahkan krusor ke sudut kiri atas, lalu klik mouse tombol kanan, maka selanjutnya akan ditampilkan menu seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya kita tinggal
memilih salah satu dari beberapa pilihan sudut pandang yang dikehendaki
Mengubah Sudut Pandang Dengan Keyboard
Cara lain untuk mengubah sudut pandang pada viewport adalah dengan memanfaatkan
Shortcard melalui keyboard, yaitu dengan cara mengetikkan huruf-huruf tertentu seperti
:
- C untuk Camera, yaitu untuk sudut pandang dari camera.
- P untuk Perspective, yaitu untuk sudut pandang dari mata (3 Dimention).
- F untuk Front, yaitu untuk sudut pandang dari tampak depan
- K untuk Back, yaitu untuk sudut pandang dari tampak belakang
- T untuk Top, yaitu untuk sudut pandang dari tampak atas.
- B untuk Bottom, yaitu untuk sudut pandang          dari tampak bawah
- L untuk Left, yaitu untuk sudut pandang dari tampak kiri.
- R untuk Right, yaitu untuk sudut pandang dari tampak kanan.

Mengubah Tampilan Layout Viewport
Viewport dapat diatur/dipilih sesuai dengan salah satu dari 14 macam layout yang tersedia.
Caranya untuk mengganti layout  viewport adalah :
1. Klik Customize pada Menu Bar,
2. Pilih Viewport Configuration,
3. Klik Layout,
maka selanjutnya akan ditampilkan berbagai pilihan viewport seperti gambar dibawah ini :
Selanjutnya kita pilih salah satu dari 14 macam layout, setelah itu tekan tombol OK, maka viewport yang dipilih tersebut akan ditampilkan sebagai layar kerja program 3DS MAX.

MAIN TOOLBAR
Main toolbar pada 3D Studio Max mempunyai beberapa tool dengan berbagai jenis op- erasi untuk melakukan proses : Undo/Redo, memilih objek, transformasi, penggandaan objek, edit curve, pembuatan texture dan rendering. Beberapa perintah pada toolbar ini sangat penting untuk diketahui, karena tool-tool ini akan selalu digunakan untuk proses pekerjaan pembuatan model objek dan pembuatan animasi 3D.
Berikut ini adalah tampilan Tool Bar yang terletak di bawah menu bar :
Undo : Berfungsi sebagai history pallete, yaitu untuk kembali ke perintah sebel- umnya dari setiap operasi atau proses yang sudah dilakukan sebelumnya.
Kedalaman tingkatan Undo dapat dilakukan beberapa kali menurut kehendak kita, yaitu sebanyak nilai tertentu yang kita tetapkan pada setting Undu. Untuk membuka dialog setting Undu, pertama-tama pada menu bar klik Customize > Preference Setting >...
Redo : Berfungsi sebagai kebalikan dari Undo, atau untuk membatalkan perintah
Undo. Tingkat kedalaman Redo sesuai dengan tingkat kedalaman Undo.
Link : Fasilitas ini fungsinya digunakan untuk menghubungkan satu objek dengan objek lain, sehingga membentuk suatu hierarchy atau ikatan tersendiri antara kedua objek tersebut (hubungan antara parent dan child).
Unlink : Berfungsi untuk melepaskan hubungan hierarchy antara dua objek yang telah di link, atau sebagai kebalikan dari perintah Link.
Bind to Space Warp : Berfungsi untuk menghubungkan objek dengan fasilitas pembentuk efek, gunanya untuk menghasilkan animasi special efek.
Contohnya dapat digunakan untuk membuat gelombang air, kibaran bendera, dll.
Select Object : Berfungsi untuk memilih/mengaktifkan objek pada viewport. Tombol ini akan sangat sering digunakan, karena untuk transformasi pengeditan atau mengubah sebuah objek, menganimasikan objek, merubah modifier atau operasi lainnya, langkah pertama adalah melakukan pemilihan objek. Sebuah objek wireframe yang ter- pilih akan berubah warnanya menjadi putih, sedangkan objek yang solid karena smooth highlights akan menampilkan box yang melingkupi objek tersebut.
Select by Name : Bila tombol ini diaktifkan maka akan ditampilkan window se- lect object yang berisi data teks dari nama-nama objek yang ada pada viewport. Operasi pemilihan dapat dilakukan dengan mengaktifkan daftar nama-nama yang akan dipilih, selanjutnya tekan tombol Select.
Perintah ini akan sangat berguna bilamana terdapat banyak objek pada viewport.

Select Region Flyout
Memilih Objek Satu Persatu Secara Manual.
Pertama pilih salah satu objek yang dikehendaki, lalu gunakan keyboard tekan dan tahan tombol Ctrl, dan selanjutnya klik lagi pada viewport objek yang ingin dipilih, sedangkan untuk mengurangi objek yang terpilih gunakan  tombol Alt lalu pilih objek yang diinginkan.
Pemilihan Objek dan Transformasi Objek
Tombol-tombol berikut dibawah ini memiliki fungsi ganda, yaitu dapat digunakan untuk memilih objek, yang sekaligus dapat juga digunakan untuk melakukan proses transfor- masi atau perubahan pada objek yang telah dipilih tersebut.
Select and Move : Fungsi dari tombol ini digunakan untuk memilih objek yang sekaligus dapat juga digunakan untuk memindahkan atau menggeser posisi dari objek yang terpilih tersebut. Proses pemindahan objek tersebut dapat mengikuti aturan sesuai dengan batasan sumbu X atau Y atau Z atau XYZ.
Select and Rotate : Fungsi dari tombol ini digunakan untuk memilih objek yang sekaligus dapat juga digunakan untuk merotasikan atau memutar objek yang terpilih tersebut. Proses perputaran objek tersebut dapat ditentukan menurut batasan dari salah satu sumbu X atau Y atau Z.

Select and Uniform Scale
Tombol ini berfungsi untuk memilih objek yang sekaligus dapat digunakan untuk menska- lakan atau merubah besaran objek yang terpilih, pada bagian ini objek akan di skalakan seimbang menurut ke 3 sumbu yang aktif semua (XYZ).

Non Uniform Scale
Tombol ini berfungsi untuk memilih objek yang sekaligus dapat digunakan untuk men- skalakan atau merubah besaran objek yang terpilih, pada bagian ini proses skala hanya berlaku  menurut salah satu sumbu yang sedang aktif (X atau Y atau Z).

Select and Squash
Tombol ini berfungsi untuk memilih objek yang sekaligus dapat digunakan untuk men- skalakan atau merubah besaran objek yang terpilih, pada bagian ini proses skala  berlaku menurut sumbu yang sedang aktif, tetapi hasilnya bisa mempengaruhi pada sumbu yang lainnya.

Use Center Flyout
Fasilitas ini fungsinya sangat berhubungan dengan Coordinate System yang akan mem- pengaruhi proses transformasi pada suatu objek.
Use Pivot Point Center
Sebagai acuan untuk mentransformasi setiap objek berdasarkan pada setiap indivindual objek pivot point.
Use Selection Center
Sebagai acuan untuk mentransformasi objek berdasarkan pada titik pusat yang terpilih.

pilih.
Use Transform Coordinate Center
Sebagai acuan untuk menstransformasi objek berdasarkan pada satu titik ter-
Sumbu Pembatas Gerakan
Fasilitas sumbu X, Y, Z dapat digunakan untuk membatasi perubahan transformasi pada sebuah sumbu yang aktif atau bidang yang terpilih.
Sumbu X :  Bila aktif, perubahan transformasi sejalan dengan bidang horizontal
(ke kiri atau ke kanan).
Sumbu Y :  Bila aktif, perubahan transformasi sejalan dengan bidang vertikal
(ke atas atau ke bawah).
Sumbu Z :  Bila aktif, perubahan tranformasi sejalan dengan bidang yang ke arah mata kita (mendekat atau menjauh).
Sumbu XY           Bilakeduanyaaktif,perubahantransformasisejalandengankombi- nasi                                  antara sumbu X dan sumbu Y (bergerak secara bebas).

MATERI BISA KLIK DOWNLOAD
Tag : Dimensi
1 Komentar untuk "Tampilan Layar Kerja VIEWPORT Program 3D Studio Max bagian 1"

Most Trending

Back To Top