Podo Sinau Bareng

Contoh Tugas Akhir Diploma satu

Untuk memenuhi syarat sebuah kelulusan perkuliahan kita harus menyelesaikan TA (Tugas Akhir) dan dalam pembuatannyapun kita harus dihadapankan dengan aturan-aturan yang sudah karena tugas akhir merupakan karya kita sendiri bukan milik orang lain dari mulai Makalah (Baca : Makalah) dan harus kita pertanggungjawabkan didepan para penguji atas karya kita tersebut akan kebenarannya. dan kita harus membaca Contoh TA (Baca : Contoh TA) yang sudah ada atau milik mahasiswa diatas kita yang sudah selesai TA-nya sebagai pedoman kita atau kita pasti dapat pedoman dari perkuliahan kita. untuk contoh TA bisa Klik download 

1 Dasar Pemikiran

Sejarah perubahan sosial di banyak negara, mencatat peranan mahasiswa sebagai inspirator melalui gagasan, tuntutan dan karya dalam melakukan perjuangan untuk perubahan dan pembangunan bangsa kearah yang lebih baik. Hal ini dapat terwujud ketika mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia nyata dengan didukung oleh idealisme yang positif. Lembaga Pendidikan atau Perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka yang akan melahirkan sosok mahasiswa yang benar-benar bisa berperan dan bermanfaat bagi bangsanya diharapkan dapat mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi global yang terus mengalami perubahan dengan pesat. Lulusan perguruan tinggi diharapkan berhasil dan berprestasi dalam masyarakat sehingga bisa menyumbangkan ilmu yang diperolehnya. Sehingga keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikannya benar-benar berkualitas tidak sekedar menyandang gelar kelulusan tanpa ada karya nyata. Berpedoman pada hal di atas perguruan tinggi perlu menyeleksi mahasiswa-mahasiswa yang akan lulus melalui proses evaluasi yang cukup ketat. Proses evaluasi tahap akhir mahasiswa yaitu dengan penyusunan Tugas Akhir. Tujuannya yaitu agar mahasiswa mampu mengorganisasikan hasil proses belajar dan mengaktualisasikannya melalui tulisan. Isi dari tulisan tersebut diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah sesuai bidang studinya masing-masing dengan menggunakan metoda berfikir ilmiah. Diharapkan dengan evaluasi tahap akhir ini mahasiswa tersebut menjadi lulusan perguruan tinggi yang memiliki potensi didalam mengaplikasikan bidang kajian telah diperolehnya sehingga dapat diterapkan dan dimanfaatkan di masyarakat.

2 Pengertian

Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Ahli Madya Komputer mahasiswa diwajibkan membuat suatu karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir, setelah yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan. Tugas Akhir merupakan karya tulis mahasiswa dalam bentuk karya ilmiah berdasarkan suatu kegiatan penelitian mandiri mahasiswa, disusun dalam jangka waktu satu semester dibawah bimbingandan arahan dosen pembimbing. Tugas Akhir dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa, dimaksudkan bahwa inisiatif perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan Tugas Akhir ada pada diri mahasiswa sendiri. Tugas Akhir ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang memiliki ciri-ciri antara lain: 
a. Harus ada permasalahan yang jelas (dilengkapi dengan data yang riil) 
b. Harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah (metodologi penelitian) 
c. Mengungkapkan adanya fakta-fakta baru atau fakta khusus yang obyektif/dan harus memberikan dampak yang bermanfaat bagi manusia, organisasi atau lembaga maupun pengembangan ilmu. 
d. Hasil Tugas Akhir dipertanggungjawabkan dan dituangkan dalam bentuk lapora
Tag : Informasi, Kajian
0 Komentar untuk "Contoh Tugas Akhir Diploma satu"

Most Trending

Back To Top