Podo Sinau Bareng

Cara menggunakan xammps

A. Installasi Web Server
Web server adalah sebuah perangkat keras dan perangkat lunak dan merupakan   aplikasi   utama   untuk   menyimpan   dan   mengirimkan dokumen web (HTML, PHP, ASP, JSP). Untuk menyiapkan/melakukan installasi web server diperlukan beberapa perangkat, antara

lain :
Perangkat Keras
1.   Unit PC Calon Server Web
2.   Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet)
Perangkat Lunak
1.   Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux)
2.   Perangkat Lunak ( XAMPPS, Appserv, PHPTriads)

1.   Sistem operasi
Hampir semua sistem operasi mampu menjalankan aplikasi web dan sekaligus    dapat    dijadikan    webserver.   Pada    tahap    installasi    ini . 120 Menit Belajar Sendiri| Membuat Website Sekolah 1
menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP service pack 2. Windows dipilih karena keluasan penggunaan oleh  masyarakat pengguna komputer di  Indonesia. Untuk  menjadi sebuah web  server sebuah personal komputer perlu ditambahkan sebuah aplikasi server web, misalnya XAMPP.

2.   Installasi (PHP, MySQL, Apache) dengan menggunakan XAMP
Sebelum melakukan installasi, perlu disiapkan software paket XAMPP terlebih dahulu dengan membuka Installer XAMPP versi 1.7.2.

Langkah Installasi
1.   Jalankan     aplikasi     Xammp, maka akan muncul kotak dialog untuk menempatkan XAMPP ke dalam folder yang dikehendaki. Secara default C:\xampp. Klik Browse jika anda ingin menginstall pada lokasi lain.

intallasi-1
2.   Klik Install.
intallasi-2
Installasi akan menjalani proses penginstallan seperti gambar di samping, tunggu  hingga muncul kotak dialog Dos Prompt seperti gambar di bawah.

dos prompt1
Tekan Enter beberapa kali untuk sampai pada proses seperti gambar di bawah ini:

dos prompt2
Tekan “1” lalu Enter untuk menjalankan Control Panel Aplication yang akan muncul kotak dialog Control panel di bagian kanan desktop, lalu lanjutkan dengan menekan “x” lalu Enter pada pilihan yang tampil pada Dos Prompt untuk.
aplikasi control
keluar dari proses penginstallan. Direkomendasikan untuk memberikan tanda cek (√) pada Modules Apache dan MySql agar langsung bekerja pada saat komputer dinyalakan atau restart.
3.   Klik  keempat  tombol  Start  untuk  menjalankan  Apache,  MySql, FileZilla dan Mercury. Klik Unblock jika kotak dialog Windows Security Alert muncul.
unblock1
Jika berhasil, aplikasi Xampp Control panel akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


aplikasi control2
Setelah   100%   Complete,   Web   Server   siap   digunakan   untuk menerima file‐file web.   Sampai di sini tahap installasi web server selesai.
4.   Untuk mengujinya silahkan buka browser: Internet Explorer, Mozilla FireFox atau browser lainnya, ketikkan “localhost” lalu Enter pada bagian Address.
localhost
Pilih English, lalu akan tampak halaman web seperti di bawah ini:
halaman web

B. Installasi Website Sekolah
Setelah selesai installasi web server, dilanjutkan dengan installasi Website Sekolah. Untuk menginstallnya, pastikan folder yang berisi materi file  website sekolah (nama folder webtemp) sudah dicopy  ke folder htdocs yang berada pada  drive C > Xampp,  seperti gambar di bawah ini:
htdocs
Adapun langkah‐langkah installasinya sebagai berikut:
1.   Membuat database, dapat dilakukan dengan cara mengetikkan pada browser:    http://localhost/phpmyadmin.   Setelah   terbuka,   pada kolom ’Create New database’ isilah nama database lalu klik Create.
Create
2.   Klik ”webtemp (0)”   pada gambar di atas sehingga terlihat pada gambar di bawah:
webtemps

Klik tombol Import.
import
Klik tombol Browse untuk memasukkan file yang akan diimport.
3.   Pilih file sql­cms.sql yang berada pada folder xampp > htdocs >webtemp, lalu klik Open.
sql

Klik  tombol  Go  untuk  mengakhirinya, sehingga  dengan  demikian seluruh database yang dibutuhkan dalam website telah tersedia.

4.   Bukalah browser dan ketikkan:  http://localhost/webtemp.Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

5.   Buka file config.php pada folder xampp > htdocs > webtemp > lib dengan menggunakan aplikasi notepad
config
Klik kanan pada file config.php lalu buka dengan aplikasi Notepad seperti terlihat pada gambar di bawah:
klik notepad
Ganti informasi data sekolah yang terdapat pada file config.php yang telah dibuka dengan aplikasi Notepad seperti pada gambar di bawah (teks  yang  diblok).  Isikan  email  admin  pada  baris  $email1  dan $email2 (baris yang dilingkari merah).
email
$dbname harus sama dengan nama database yang anda buat (phpMyAdmin). nama email tidak perlu menggunakan @yahoo…. Contoh: kajianwebsite

Jika sudah, pilih menu File > save untuk menyimpan perubahan, tutup aplikasi Notepad.
Cobalah   hasil   pekerjaan   anda   dengan   membuka   browser   lalu ketikkan: http://localhost/webtemp/admin.
admin
Untuk dapat login, masukkan Username dan Password dengan nama ”admin”, lalu akan muncul jendela website seperti pada gambar di bawah:
admin2
hasil finish
Tampilan gambar di atas merupakan halaman utama admin untuk meng‐edit isi dan tampilan website sekolah.

Tag : website
0 Komentar untuk "Cara menggunakan xammps"

Most Trending

Back To Top