Podo Sinau Bareng

Membuat Model Keyboard PROGRAM 3D STUDIO MAX BAGIAN 3

Membuat model objek Keyboard dengan Operasi Boolean untuk meneruskan dari lebih lanjut dari materi sebelumnya yaitu PROSES INTERAKSI ANTARA 2 OBJEK PROGRAM 3D STUDIO MAX BAGIAN 2
Langkah 1 (Menampilkan Gambar Keyboard sebagai Guideline)
Tampilkan dahulu gambar keyboard pada viewport tampak perspective, hal ini diperlukan sebagai guideline untuk pembuatan model objek 3D.
Caranya : Aktifkan viewport  perspective, lalu tekan View pada Main bar, selanjutnya tekan Background Viewport, pilih File ... lalu cari gambar keyboard tersebut berada di folder mana ... setelah ketemu, file gambarnya diaktifkan, kemudian tekan OK.
Maka pada layar viewport perspective dimunculkan gambar keyboard sebagai background.
desain keybord

UNTUK MATERI YANG LENGKAP BISA DI DOWNLOAD DI BAWAH

Langkah 2 (Membuat Objek Box)
Pada viewport Top, buatlah sebuah kotak (Box) dari objek Geometry, yang berada pada kelompok objek Standard Primitives. Kemudian atur parameter dari box tersebut untuk menentukan ukuran body keyboard sesuai dengan gambar yang ada.
Misalnya :   Length  =  35
Width   = 110
Height   =   5
Kemudian pada sudut pandang perspective posisikan objek box tersebut sesuai dengan background gambar keyboard. Selanjutnya masih pada bagian parameter, nama objek box01diganti dengan nama Body Keyboard.
Langkah 3 (Membentuk Body Keyboard) Tahap ke 1 => Menambah segmen pada Box
Tekan tombol Modify, lalu pada Modifier List pilihlah perintah Edit Mesh, maka pada modifier stack ada tanda “+” didepan Edit Mesh, klik tanda tersebut dan pilihlah polygon,  lalu pada viewport Bottom, tunjuk dan aktifkan satu polygon bagian bawah box tersebut.
Selanjutnya pada Roll out parameter Edit Mesh cari extrude dan masukkan nilai 1 pada kolom disampingnya, setelah tekan enter lalu scale 90% dan selanjutnya masukkan lagi nilai 2.pada kolom extrude, lalu tekan enter. Maka hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Tahap ke 2 => Mengedit elemen Vertex
Aktifkan viewport Left, pada elemen Edit Mesh pilih vertex, lalu lakukan modifikasi objek tersebut dengan fasilitas Select and Move, sehingga membentuk model body keyboard.
Langkah 4 (Membuat Tempat Tuts Keyboard) Tahap ke 1 => Desain objek pemotong tempat tuts
Pada viewport Left, tekan tombol Create pada Command Panel, selanjutnya tekan Shapes, lalu buatlah desain model objek dengan menggunakan Line  (seperti gambar dibawah ini).
Tahap ke 2 => Extrusi objek pemotong tempat tuts
Tekan tombol Modify, pada modifier list pilih perintah Extrude, lalu berikan nilai ...pada kolom Amount. Setelah itu melalui viewport Front geser terhadap sumbu X ke bagian tengah pada objek Body Keyboard.
Tahap ke 3 => Operasi Boolean
Aktifkan objek Body Keyboard, tekan tombol Create pada Command Panel, selanjut- nya tekan Geometry, dan pada kolom Standard Primitives ganti dengan Compound Ob- ject. Lalu pilih Boolean, klik Pick Operand B, dan pada viewport tunjuk dan klik objek sebagai pemotong tempat tuts. Maka hasilnya seperti pada gambar berikut ini.
Langkah 5 (Membuat Tuts Nada Keyboard) Tahap ke 1
Pada viewport Top, tekan tombol Create, lalu pilih Shapes, kemudian buatlah satu nada tuts pertama dengan menggunakan Line, selanjutnya tekan tombol Modify, pilih perintah Extrude dan parameter Amount berikan nilai 0,5. Kemudian dari viewport Left geser ke
atas tuts tersebut untuk diposisikan sesuai dengan tempatnya.
Tahap ke 2
Pada viewport Top, buatlah model tust yang lain (tuts ke 2) yang prosesnya sama dengan cara seperti diatas. Bentuk tutsnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.
Tahap ke 3
Pada viewport Top, tuts pertama dicopy mirror   terhadap sumbu X, lalu posisikan
hasil copynya disamping kanan tuts ke 2. Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
Tahap ke 4
Pada viewport Top, tekan tombol Create, lalu pilih Shapes, kemudian buatlah tuts bagian atas dengan menggunakan Rectangular, dengan parameter objek sebagai berikut :
Length         =  6,3
Width          =  1,1
Corner         =  0,1
Selanjutnya tekan tombol Modify, pilih perintah Extrude dan beri nilai Amount = 1, setelah diatur posisinya, copy dan geser objek tersebut. Hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
Tahap ke 5
Aktifkan ke 5 tuts yang sudah dibuat, lalu copy dengan cara tekan tombol Shift pada keyboard komputer, lalu geser semua tuts tersebut kekanan. Hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
Tahap ke 6
Geser satu tuts paling kanan, lalu copy lagi 2 tuts paling kanan ke 2 dan ke 3, posisikan disebelah kanannya, lalu tuts paling kanan yang tadi digeser diposisikan lagi ketempat urutan yang paling kanan kembali. Hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
Tahap ke 7
Aktifkan semua tuts-tuts tersebut, lalu copy dengan cara seperti diatas, yaitu tekan tombol Shift, lalu geser ke kanan menyambung tuts terakhir, dan nilai Number of copy beri nilai 4.
Maka hasilnya adalah menjadikan keseluruhan dari tuts-tuts keyboard tersebut.
Langkah 6 (Membuat Speaker Keyboard)
Pada viewport Top, buatlah salah satu dari speaker keyboard, gunakan Line pada kelompok objek shapes untuk mendesain bentuk speakernya. Setelah itu lakukan extrude dengan nilai Amount = 1. Pada viewport tampak depan/samping geser objeknya keatas, posisikan pas diatas objek body keyboard. Hasilnya tampak seperti pada gambar di bawah ini.
Lakukan copy mirror pada objek speaker tersebut terhadap sumbu X, lalu hasilnya digeser kekanan dan diposisikan pada bagian ujung kanan.
Langkah 7 (Membuat Monitor Keyboard)
Pada viewport Top, buatlah monitor keyboard, gunakan Box pada kelompok objek Geometry, lalu atur nilai parameternya, setelah itu tekan tombol Modify, pilih perintah Edit Mesh, lalu pilih elemen vertex dan gunakan tombol   (Select and Move) untuk membentuk model monitornya (pergunakan juga sudut pandang tampak samping). Hasilnya tampak seperti pada gambar di bawah ini.
Langkah 8 (Membuat Flatboard Keyboard)
Pada viewport Top, buatlah salah satu dari flatboard, gunakan Line pada kelompok objek shapes untuk mendesain bentuk speakernya. Setelah itu lakukan extrude dengan nilai Amount = 1, selanjutnya copy mirror terhadap sumbu X dan posisikan ditempat sampingnya. Pada viewport tampak samping geser objeknya keatas, posisikan pas diatas objek body keyboard.

MATERI BISA KLIK DOWNLOAD
Tag : Dimensi
0 Komentar untuk "Membuat Model Keyboard PROGRAM 3D STUDIO MAX BAGIAN 3"

Most Trending

Back To Top